Alamat : Baran Gembyang, Jl. Bandungan Rt.04 / Rw.I, Ambarawa, Kab. Semarang CALL : 0856-4166-7708

Senin, 07 November 2011

Cara Memperbaiki Windows 7 yang Tidak Bisa Booting


Apakah gagal booting tidak bisa masuk Windows 7 disebabkan oleh virus, sistem operasi baru atau karena kesalahan sederhana, yang disebabkan "Sistem Operasi tidak ditemukan" atau kesalahan serupa selama booting komputer. Dengan asumsi Anda memiliki WindowsMicrosoft 7 sudah diinstal namun, jangan takut, seperti kesalahan boot sering kali dapat diselesaikan hanya dalam beberapa langkah sederhana.
Pertama, cek BIOS anda dan perangkat keras anda Langkah 1 : Hidupkan komputer kamu, booting dari salah satu Instalasi Windows 7 DVD atau Windows 7 Disc Pemulihan Sistem. Ingat, kamu mungkin perlu mengubah urutan boot di BIOS kamu untuk memiliki boot DVD drive kamu terlebih dahulu. Dalam banyak kasus, Windows 7 yang gagal booting mungkin karena seting urutan BIOS kamu salah. Biasanya kamu dapat mengakses BIOS setelah komputer kamu menyala dengan menekan tombol Delete atau dengan menekan tombol fungsi sesuai motherboard. Setelah di BIOS, memeriksa untuk melihat bahwa sistem drive kamu tampil tepat dalam urutan - urutan boot, kamu mungkin perlu lihat manual motherboard kamu untuk membantu. Alasan lain mungkin untuk Windows tidak terdeteksi pada start up adalah masalah hardware. Jika BIOS anda tidak dapat mendeteksi drive sistem anda, periksa untuk memastikan semua kabel sudah terpasang dengan benar. Jika harddisk Anda adalah menimbulkan suara aneh, seperti suara klik, hard drive Anda mungkin rusak. Akhirnya, adalah mungkin bahwa hard drive mengalami masalah korup, yang telah merusak sistem data penting, seperti Master Boot Record (MBR). Jika Anda mencurigai hard drive rusak, mungkin ide yang baik untuk backup dan memindai hard drive anda komputer komputer lain dan mungkin pertimbangkan untuk membeli pengganti. Mencoba untuk memperbaiki masalah boot pada drive yang rusak mungkin dapat menyebabkan kehilangan data bahkan lebih, sehingga cadangkan data kamu sebelum mencoba sesuatu.

MBR dan data lainnya data booting yang penting juga dapat rusak dengan mencoba untuk menginstal versi sebelumnya dari Windows, seperti Windows XP, bersama Windows 7 dan oleh pihak ketiga program, atau karena virus. Dalam kasus virus, dianjurkan bahwa Anda menjalankan scan virus dari drive sebelum mencoba perbaikan karena kalau tidak, itu bisa mengakibatkan hilangnya lebih banyak data. Hal ini lebih mungkin untuk menampilkan data boot yang rusak dengan memiliki partisi drive yang salah set ke aktif, yang dilakukan oleh pengguna Windows terlalu penasaran dengan hak akses administratif.

Memperbaiki MBR dan start up yang sedang bermasalah pada Windows 7 cara yang paling cepat yaitu dengan menggunakan Windows 7 DVD Instalasi. Jika Anda tidak memiliki Windows 7 DVD Instalasi Namun, Anda alternatif dapat menggunakan Windows 7 Sistem Recovery Disc, aku akan menunjukkan ke kamu bagaimana untuk membuatnya dalam artikel ini. Jika Anda belum memiliki sebuah DVD Windows 7 Instalasi atau disk pemulihan,
lakukan sendiri ikuti cara berikut ini.


Memperbaiki Master Boot Record (MBR)
langkah 2: Setelah instalasi atau loading recovery disc, pilih setting bahasa dan lanjutkan. Jika kamu menggunakan DVD instalasi, ketika diminta oleh layar berikut pilih Repair Your Computer.





Langkah 3: Ada jeda waktu untuk memindai setiap instalasi Windows, setelah itu kamu mungkin akan diberi pilihan untuk memilih instalasi kamu ingin memperbaiki. Pilih penginstalan Windows yang sesuai dari daftar dan kemudian lanjutkan. Jika kebetulan masalah yang terdeteksi di salah satu instalasi Windows pada tahap awal, sistem juga akan meminta kamu untuk memperbaiki masalah secara otomatis. Terserah kamu jikaamu ingin membiarkan sistem mencoba untuk memperbaiki sendiri, tetapi sebaliknya hanya memilih No
Langkah 4: Setelah kamu lihat System Recovery Option , seperti yang ditunjukkan gambar bawah ini, kamu akan dihadapkan dengan daftar pilihan yang dapat membantu kamu dalam memperbaiki Windows 7 sistem operasi yang rusak. Jika kamu ingin mencoba Startup Repair pada opsi pertama, jika sukses dalam perbaikan otomatis memperbaiki berbagai permasalahan, tapi dalam artikel ini kita akan menggunakan pilihan Command Prompt untuk menyelesaikanmasalah kita secara manual. Jadi, klik Command Prompt untuk melanjutkan.












Langkah 5: Sekarang buka di command prompt, masukkan perintah berikut dan kemudian tekan enter: Bootrec.exe / FixMbr Jika berhasil, kamu seharusnya melihat pesan The operation completed successfully. Itu saja! Master Boot Record Anda telah diperbaiki.
Sedangkan perintah di atas tidak bisa memperbaiki MBR, dan kadang-kadang itu sudah cukup, mungkin masih ada kesalahan dengan sektor boot partisi sistem dan Konfigurasi Boot Data(BCD). Hal ini mungkin terjadi jika kamu telah mencoba untuk menginstal sistem operasi lain bersama Windows 7, seperti Windows XP. Untuk membuat sektor boot baru, coba perintah berikut: Bootrec.exe / fixboot Jika kamu masih dihadapkan dengan 7 instalasi Windows kamu tidak terdeteksi selama start up, atau jika kamu ingin memasukkan lebih dari satu pilihan sistem operasi ke daftar boot sistem anda, anda dapat mencoba perintah berikut untuk membangun kembali BCD kamu: Bootrec.exe / RebuildBcd Perintah di atas akan memindai semua disk untuk sistem operasi lain yang kompatibel dengan Windows 7 dan memungkinkan Anda untuk menambahkan mereka ke daftar boot sistem anda. Jika ini gagal, Anda mungkin perlu untuk cadangan * BCD folder lama dan membuat yang baru di tempatnya dengan perintah berikut: bcdedit / ekspor C: \ BCD_Backup c: boot cd attrib bcd-s-h-r ren c: \ boot \ bcd bcd.old bootrec / RebuildBcd * Beberapa pengguna juga menemukan hanya menghapusfolder boot dan mencoba kembali langkah di atas efektif dalam menyelesaikan masalah boot, tetapi tidak dianjurkan.

Bagaimana mengubah partisi aktif


Kadang mengubah partisi aktif pada drive sistem bisa terjadi hilangnya BOOTMGR karena kesalahan. Mari kita hati hati agar tidak terjadi kesalahan. Ini adalah kesalahan umum ketika bermain dengan partisi pada drive sistem dan dapat menjadi erorr . Untuk mengubah partisi aktif Anda kembali menggunakan Windows 7 recovery disk atau DVD Instalasi, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah satu: Ikuti langkah 1-4 dalam panduan di atas. Ini harus buka ke Command Prompt di Windows Recovery.

Langkah kedua: Type DiskPart dan kemudian tekan Enter.

Langkah ketiga: Tipe List Disk dan kemudian tekan Enter. Perintah ini akan menampilkan semua disk yang terpasang pada komputer Anda dan memb
erikan nomor disk.

Langkah empat: Tipe Select Disk x, dimana x adalah nomor disk yang berisi partisi yang ingin Anda buat aktif. Tekan Enter.

Langkah lima: Type List Partition dan kemudian tekan Enter. Anda sekarang akan melihat daftar partisi pada disk yang dipilih. Tentukan partisi yang ingin Anda buat aktif.

Langkah enam: Type Select Partition x, dimana x adalah nomor partisi yang ingin Anda buat aktif.

Langkah tujuh: Sekarang, cukup ketik Active dan kemudian tekan Enter. Seharusnya - partisi yang dipilih sekarang aktif.















Bagaimana untuk membuat Windows 7 Recovery Disk Untuk Booting

Windows 7 Recovery Disc mudah dibuat jika Anda sudah memiliki Windows 7 diinstal dan berjalan.

Langkah 1: Klik Start> All Programs> Maintenance> Create a System Repair Disc

Langkah 2: Masukkan CD kosong atau DVD ke dalam drive disk Anda.

Langkah 3: Click Create disc dan biarkan program melakukan hal tersebut.










Itu saja! Ini hanya perlu menulis sekitar 140 - untuk 160-megabyte untuk disk, tergantung pada apakah sistem operasi Anda adalah 64-bit atau 32-bit, dan yang seharusnya hanya memakan waktu satu menit. Jika Anda tidak memiliki drive CD / DVD-R untuk membuat disk recovery, alternatifnya men-download ISO image dari 7 Disc Pemulihan Sistem Windows dan menggunakannya untuk membuat bootable USB flash drive.


Bagaimana untuk membuat Windows 7 Sistem Pemulihan USB flash drive

Langkah 1: Jika Anda tidak memiliki drive DVD, men-download Windows 7 yang sesuai gambar Recovery Disc dari sini. Anda akan memerlukan klien torrent untuk langkah ini, seperti ╬╝Torrent. Atau, jika Anda memiliki drive DVD, Anda dapat menggunakan Windows yang ada 7 Instalasi DVD atau Windows 7 Recovery Disc pada langkah tujuh.

Menggunakan Windows 7 DVD Instalasi pada langkah tujuh juga akan memungkinkan Anda untuk menginstal Windows 7 melalui USB, bukan hanya memulihkan sistem yang rusak, sangat berguna jika Anda memiliki netbook!

Langkah 2: Buka command prompt dengan hak administratif. Untuk melakukan ini, klik Start> All Programs> Accessories dan kemudian klik kanan Command Prompt, diikuti dengan mengklik Run as administrator.

Langkah 3: Setelah menerima pertanyaan verifikasi UAC, Anda sekarang harus pada prompt perintah. Pastikan USB flash drive terpasang dan kemudian type DiskPart, diikuti dengan menekan Enter.

Langkah 4: Type List Disk dan kemudian tekan Enter. Menentukan nomor disk sesuai dengan drive USB flash. Dalam skenario berikut, Disk 1 sesuai dengan USB drive kita karena kita tahu kita USB drive memiliki kapasitas 2-gigabyte / lebih.

Langkah 5: Masukkan perintah berikut dalam urutan, mengubah nomor disk ke nomor disk USB drive terdaftar untuk Anda. Peringatan - perintah berikut akan menghapus segala sesuatu pada USB drive atau disk yang Anda pilih.

Select Disk 1

Clean

Create Partition Primary

Select Partition 1

Active

Format FS=NTFS

Langkah 6: Setelah berhasil DiskPart format drive USB, yang mungkin memakan waktu beberapa menit, Anda akan ingin untuk memasukkan perintah berikut:

Assign
Exit














Langkah 7 : Anda sekarang perlu untuk menyalin isi ISO image yang Anda download, atau isi dari DVD yang ingin Anda gunakan, ke drive USB flash. Harus ada dua folder dan file dalam ISO image yang perlu disalin. Untuk mengekstrak file yang terkandung dalam sebuah ISO image, Anda akan perlu menggunakan program seperti WinRAR.

Langkah 8 : Sekarang bahwa file telah disalin, kita akan membuat bootable USB drive. Untuk mencapai hal ini namun kami akan perlu untuk men-download file kecil yang disebut bootsect.exe. File juga dapat ditemukan dalam direktori boot dari DVD Instalasi Windows 7. Setelah di-download, tempatkan file bootsect.exe berada di dalam direktori root dari drive USB flash.

Langkah 9 : Kembali pada prompt perintah, kita akan mengubah direktori dari drive USB dan menjalankan perintah bootsect. Dalam kasus ini adalah drive E, ​​jadi kita akan menggunakan perintah masing-masing sebagai berikut:

e:
bootsect / NT60 e:

Perintah bootsect akan memperbarui volume target dengan bootcode kompatibel. Jika semua berjalan dengan baik, Anda sekarang harus memiliki USB drive bootable pemulihan, cukup ingat untuk menambahkan drive USB ke daftar boot di BIOS sistem Anda untuk itu untuk bekerja pada start up.











Posted by: Ngestu Aji Baskoro Jasa Pembuatan Website Blog Updated at : 09.31

10 komentar :

  1. gan caranya susah banget aku masih awam nih,jangan kan mau per baikan arti boot sen diri gx tau..

    komputar aku gagal intal,trus gx mau proses sama sekali..
    klo seperti yang di terangin di atas sih..kemaren judga pernah..
    berasil..
    masalahnya sekarang yang ada bisa di lakukan cuma perintah di perangkat luatnya adja kaya seting gunakan perintah.f9.f10...klo da spolusi yang lain tlg di inpormasikan...ke :arajudin@ymail.com

    makasih gan..

    BalasHapus
  2. gan caranya susah banget aku masih awam nih,jangan kan mau per baikan arti boot sen diri gx tau..

    komputar aku gagal intal,trus gx mau proses sama sekali..
    klo seperti yang di terangin di atas sih..kemaren judga pernah..
    berasil..
    masalahnya sekarang yang ada bisa di lakukan cuma perintah di perangkat luatnya adja kaya seting gunakan perintah.f9.f10...klo da spolusi yang lain tlg di inpormasikan...ke :arajudin@ymail.com

    makasih gan..

    BalasHapus
  3. untuk mas ahmad...kalo masalah gagal instal bisa di karenakan harwarex mas...mgkin Ram nya perlu di cek atau hardisx yg bad sector...

    BalasHapus
  4. waduh gan problemku sama kyk mas achmad rachudin yg di atas,, di masukin usb install windwos'nya malah keluar error yg td,, gmna nie solusinya??? apa hrus dibwa di tukang servis nih???

    BalasHapus
  5. To : Ahmad dan Ardi
    Coba kalian booting pake CD linux Ubuntu misalnya apakah komputer mau berjalan normal jika belum kemungkinan benar kata mas AAn. Hardwarenya ... tapi perlu dicoba lagi pernah saya hilang file System Information gak mau booting windowsnya untuk melihat file system yang hilang ato tidak coba baca ini http://www.jasapembuatanwebblog.com/2013/02/mengatasi-file-system-partisi-yang.html

    jika belum fik terus mencoba .. karena ini bagian pembelajaran dari kita ,,.. semangat

    BalasHapus
  6. Gan laptop ane dah di upgrade dr win 7 ke win 8, nah trs booting nya cuma ada 1 win 8 klu mau balikin lagi ke win 7 bisa ga gan. Mohon pencerahannya dr pada ane hrs install ulang ada ga cara lainnya gan, win 7 nya masih tersimpan di file windows old.

    BalasHapus
  7. To: Ronny
    Setelah aku baca dari banyak sumber . menerangkan bahwa proses downgrade dari windows 8 ke windows 7 membutuhkan CD /DVDinstalasi dengan serial key yang sesuai.
    Baca ini semoga bermanfaat:

    http://www.jasapembuatanwebblog.com/2013/05/mengembalikan-installasi-windows-8-ke.html

    BalasHapus
  8. Gan,,,, cara memperbaiki laptop lenovo win8 gmn ya. Laptopnya ndak mw startup setelah di lakukan partisi,,, mohon bantuannya gan
    choki.itm@gmail.com

    BalasHapus
  9. coba pake cari di internet tentang bootable hiren's , , gunakan tools test disk . . lakukan recovery partisi ke sebelum dipartisi . ..

    BalasHapus

Silahkan membuat komentar disini tetapi jangan melakukan spam ( komentar bermutu)
Please create a comment but don't make spam (best coment)